KEBAKARAN DI TANJABBAR, 28 JIWA KEHILANGAN TEMPAT TINGGAL

KEBAKARAN DI TANJABBAR, 28 JIWA KEHILANGAN TEMPAT TINGGAL

Kualatungkal – Kebakaran hebat kembali melanda di Kabupaten Tanjaung Jabung Barat (Tanjab Barat), tepatnya di Jalan Parit 7 Rt 05 Sungai Saren Kelurahan Bram Itam Kiri, Kecamatan Bram Itam, Sabtu Malam (17/3) sekitar pukul 20.50 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka-luka pada bencana tersebut, setidaknya 8 unit pemukiman warga hangus dilalap si jago merah, sehingga memaksakan 9 Kepala Keluarga (KK) dan 28 jiwa harus kehilangan tempat tinggal mereka.

Kronologis Kejadian menurut salah satu warga saksi mata, Irfan (42) kejadian diketahui sekira 20.50 WIB saat dirinya mau berkunjung kerumah kelurganya di Sungai Saren yang melewati jalan tersebut dan melihat ada percikan api dan cahaya keluar dari dalam toko milik saudara Jamal.

“Melihat api tersebut, saya lansung member tahu warga sekitar, tidak lama kemudian api dengan cepatnya membesar, sehingga warga ramai berdatangan,” jelas saksi mata.

Sekitar pukul 21.15 WIB mobil damkar, BPBD dan Yayasan Buhi Luhur tiba di TKP. Selanjutnya dilakukan Pemadaman yang dibantu Personel Polres Tanjab Barat, Personel Polsek Tungkal Ilir, Kodim 0419/Tanjab, Satpol PP Tanjab Barat, dan oleh Warga Sekitar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjab Barat, Drs H Kosasih, menjelaskan menurut laporan dari lokasi kejadian diduga api berasal dari Konsleting listrik di toko milik saudara Jamal, “Pada saat kejadian toko saudara Jamal itu memang dalam keadaan kosong, tidak dihuni karena toko tersebut hanya untuk tempat berjualan yang dijaga oleh adiknya, sedangkan saudara Jamal sendiri tinggal di Pasar Sungai Saren,” jelas Kosasih.

“Dari keterangan dilapangan, Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 22.20 WIB, selanjutnya dilakukan pendinginan,” tambahnya.

Dari data yang dihimpun dari BPBD Tanjabbar, sebayak 60 personil Damkar, dibantu 30 orang TRC BPBD, Yayasan Budiluhur 15 orang, Polsek Tungkal Ilir 15 orang, Koramil Tungkal Ilir 10 orang, serta 30 orang dari Sat Pol PP dan masyarakat sekitar.

Serta peralatan yang diturunkan 4 unit mobil Damkar Pemkab Tanjabbar di, 1 unit Firejip, 2 unit armada R4 BPBD dan 4 unit mesin portabel, dan 1 unit mobil Firejip Budi Luhur.

Berikut data KK dan jiwa yang kehilangan Tempat Tinggal :
1. Jamaluddin, 44 th ( 3 Jiwa)
2. Aspullah, 47 th ( 5 jiwa )
3. Abd Karim, 66th ( 2 jiwa )
4. Abd Gani, 35 th, ( 5 jiwa)
5. M. Saini, 40th, ( 3 Jiwa)
6. Herwandi, 50 th ( 4 jiwa) gabung sama Abdul Karim
7. Siti Fatimah, 72 th, (2 jiwa)
8. Kaspul, 53 th, (3 Jiwa)
9. Jamal, 40 th (1 jiwa)

Sumber : https://nuansajambi.com

Share this post

Post Comment